Sunday, August 23, 2015

2015 #R19 >> Budi Sardjono - Sang Nyai 2

Written by ninda anindita at 8/23/2015 10:33:00 PM

Judul                     : Sang Nyai 2
Pengarang          : Budi Sardjonno
Penerbit              : DIVA Press
Tebal                     : 312 halaman
Cetakan               : Pertama, Mei 2015
ISBN                      : 978-602-255-896-5


Setelah siuman dari koma tiga belas harinya, Sam dikejutkan dengan berita bahwa kemungkinan besar ia kena santet. Untuk menghilangkannya, Sam harus memakan tiga buah pisang emas. Setelah itu, seorang suster kembali datang untuk menyembuhkannya dari santet. Dengan perjuangan yang cukup menguras keringat, akhirnya sebilah keris pun bisa dikeluarkan dari tubuh Sam. Sam sembuh seketika.
Setelah diinterogasi oleh tim medis, Sam pun terhenyak karena tidak ada yang kenal dengan sosok Sri Menur, suster yang ‘menyembuhkannya’. Sri Menur juga selalu datang di saat-saat yang tidak menentu dan selalu saja kehadirannya tidak pernah diketahui oleh siapapun.
Setelah sembuh total, keanehan-keanehan pun mulai terjadi. Sam mendadak ‘digandrungi’ oleh beberapa wanita. Ia pun merasakan ‘pulang-pergi’ ke alam nyata dan gaib. Semua itu tidak pernah masuk logika Sam. Semua terjadi begitu saja tanpa Sam kehendaki. Perekonomiannya pun mendadak melejit. selalu saja ada ‘harta warisan’ yang datang menghampirinya.
Pada akhirnya, di satu titik Sam menyerah. Ia ingin benar-benar kembali ke kehidupan nyatanya. Ia ingin kembali ke pelukan anak dan istrinya tanpa perlu mengalami kejadian-kejadian aneh lagi.
Pengalaman unik yang dialami Sam cukup membuat bulu kuduk menegang. Kita diajak untuk menjadi Sam yang selalu terombang-ambing dengan dunianya sendiri. Cara penyampaian cerita begitu rapi tanpa cela. Buku ini juga memberikan banyak sekali pesan moral yang bisa kita ambil untuk kehidupan kita. Tentang ketamakan, kesombongan, rendah hati, mawas diri, dan masih banyak yang lainnya.
Sam dan para wanitanya mengajarkan untuk tidak jumawa dan tidak tergila-gila pada harta. Walaupun diiming-imingi harta yang sedemikian berlimpah, Sam tetaplah seorang Sam yang merasa tidak pantas untuk dianugerahi tanggung jawab besar.
Kalau boleh jujur, saya jadi penasaran untuk membaca Sang Nyai yang pertama. Karena saya memang sudah lama tertarik dengan buku ini tapi belum sempat membelinya.
Ada kalanya memang seseorang masuk ke dalam dunia yang sudah jungkir balik tidak keruan. Dunia itu yang tanpa sadar sudah kumasuki. Kalau tidak kuat mental, aku sudah jadi orang gila! Keluarga hancur berantakan. Dan mungkin saja aku malah terseret jauh masuk ke alam gaib dan tidak bisa kembali kea lam nyata! Jadi genderuwo atau roh yang gentayangan. –Sam (295)

@aninditaninda

3 responses:

RirinCross on September 28, 2015 at 3:51 PM said...

sang Nyai satu ceritanya sangat menarik.. ceritanya tentang kisah Nyai Roro Kidul.
bacalah. aku baru tau kalau ada Sang Nyai 2.. segera aku juga ingin membacanya

Haidar abdurrahman on November 12, 2015 at 7:49 AM said...

ya bagus-bagus

Riza Kayen on October 5, 2016 at 10:41 AM said...

novel sangat baik , bisa mengajari penulis pemula

Post a Comment

 

Galerie des Livres Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos