Wednesday, June 10, 2015

2015 #R13 >> Karina Nurherbyanti - Learning from Butterflies

Written by ninda anindita at 6/10/2015 09:57:00 AM

Judul                     : Learning from Butterflies
Pengarang          : Karina Nurherbyanti
Penerbit              : PING!!!
Tebal                     : 244 halaman
Cetakan               : Pertama, 2015
ISBN                      : 978-602-255-835-4

Olga:
“Gue sedang salam proses mengejar mimi gue, Ju. Menjadi anak yang membagakan orang tua gue, dan menjadi cewek yang pantas buat elp. …I’ll be brave and strong. I’ll work smartly and be the best in my field….”
Juandra:
“Gue merasa gue hanyalah cowok slengean yang bersembunyi di balik kedok anak NTU-nya, gue bahkan nggak berani ngasih egg tart itu sendiri.”

Sama-sama pintar dan kuliah di Singapura.
Olga anak fashion management dan Juandra anak mathematical sciences. Keduanya berjuang untuk meraih impian. Lalu, setelah serangkaian momen ang tadinya membuat mereka sering bertengkar, saat itulah the-so-called chemistry menghampiri….
***

Olga dan Juandra saling mengenal satu sama lain ketika mereka berkumpul di berbagai acara PPI dan gala dinner yang diadakan oleh Kedubes RI di Singapura. Namun, tanpa Juandra tahu, Olga selalu menguntit dan mengikuti perkembangannya melalui blog Juandra. Olga beberapa kali meninggalkan komentar di blog Juandra dengan jahil dan menggunakan nama samaran.
Namun, keisengannya itu berlanjut. Tak disangka Olga justru semakin aktif untuk stalking Juandra. Dan tanpa Olga sadsari pula, ia mulai jatuh cinta dengan Juandra.
Juandra pun merasakan hal yang sama. Semakin ia mencibir Olga, semakin ia merasa kehilangan Olga ketika Olga tidak bersamanya. Takdir yang dipaksa terjadi pun semakin menguatkan mereka bahwa mereka memang tercipta untuk saling melengkapi.
***
Buku ini jauh dari kesan rapi. Pemakaian bahasa Inggris yang cukup banyak bukanlah menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini kustru semakin membuat cerita ini semakin terlihat ‘kualitasnya’. Entah memang itu aksen Singlish atau bukan, tapi saya menemukan banyak kesalahan pada grammar yang digunakan.


Cerita yang disuguhkan pun terasa dipaksa untuk ada. Tidak mengalir apa adanya. Saya heran kenapa buku ini diberi judul ‘Learning from Butterflies’. Kupu-kupu yang ditemukan Juandra bukanlah hal utama yang disajikan di buku ini. Hal itu hanya tersaji secara kebetulan saja. Subtitle ‘Orchard Road’ juga bukanlah ide utama dari kisah ini. So, actually both the title and the subtitle are not the main idea of the story. But, why can it be a title?
Rating? No rating at all!

@aninditaninda

0 responses:

Post a Comment

 

Galerie des Livres Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos