Wednesday, May 20, 2015

2015 #R11 >> Kim Jong Hyun - Cuma Sama Kamu

Written by ninda anindita at 5/20/2015 10:37:00 AM

Judul                     : Cuma Sama Kamu
Pengarang          : Kim Jong Hyun
Penerbit              : DIVA Press
Tebal                     : 329 halaman
Cetakan               : Pertama, November 2014
ISBN                      : 978-602-255-694-7

“Aku yakin…, yakin akan tetap akan mencintaimu selamanya.”
Nadia Saraswati mendesah. Ia seolah tak ingin percaya. Sudah terlalu lama dirinya duduk di bangku sambal menggigil menahan dingin udara Korea. Namun, di mana laki-laki itu? Sebulir air mata menetes. Lalu, Nadia melangkah pergi….
Demi gadis yang dicintainya, Jang Geun Suk meninggalkan keluarga, kuliah, dan tanah asalnya. Ia berjuang untuk gadis yang menjadi kehidupannya. Juga, untuk menjelaskan peristiwa di tepi Sungai Han waktu itu….
Sepasang kekasih itu akhirnya bertemu kembali. Sungguh sebuah pertemuan yang sama-sama dinantikan keduanya. Namun, masih banyak yang akan dilalui mereka….
Sebuah novel berlatar duan negara, Korea dan Indonesia.
***

Nadia selalu dibuat penasaran oleh sikap Geun Suk yang serba aneh kepadanya. Perhatiannya yang sangat berlebihan justru membuat Nadia semakin curiga. Sampai ketika rasa itu muncul untuk Geun Seuk tanpa ia sadari. Nadia pun tak berani terlalu berharap karen ia yakin, ketika harapannya tidak sesuai dengan kenyataan Nadia harus bangkit untuk menutupi lukanya.
Nadia masih menunggu sampai tiba saatnya untuk kembali ke tanah air. Geun suk sendiri pun tidak memenuhi janji terakhirnya untuk menemui Nadia. Ketika Nadia memutuskan untuk menyerah, Geun Suk pun datang untuk membalas cintanya. Nadia tidak ingin menunggu untuk kedua kalinya. Ia tahu bahwa ia dan Geun Suk sangatlah berbeda dari segi apapun, terutama agama. Dan akhirnya, agama dan restu orang tualah yang harus menghentikan jalan cinta mereka.
***
Kenapa harus beda Negara? Hal inilah yang selalu menjadi tanda tanya setiap ada penulis yang membuat karya tentang cinta beda negara. Semua orang tahu bahwa luar negeri memiliki daya tarik tersendiri untuk menjadi setting di setiap novel-novel romance yang beredar di Indonesia, tapi bukan menjadi suatu hal yang mainstream seperti ini. Cerita-cerita seperti ini membuat logikaku berteriak. “Udah tahu beda negara dan agama, masih aja maksain.” Hal ini justru menunjukkan kelemahan orang Indonesia yang mudah tertaring dengan orang luar negeri sampai-sampai lupa diri dengan apa yang seharusnya menjadi fondasi mereka dalam menjalin sebuah hubungan.
Jujur, saya pribadi merasa bosan membaca cerita-cerita dengan alur yang cukup mainstream seperti ini. Hal ini menunjukkan bahwa penulis-penulis baru Indonesia sebenarnya kekurangan ide untuk mengangkat topik dan membuat beberapa isu yang sedang tren untuk dijadikan topik. Daya khayalnya terlalu tinggi dan nggak mbumi.

@aninditaninda

0 responses:

Post a Comment

 

Galerie des Livres Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos