Sunday, March 1, 2015

2015 #R5 >> Rahadi W. Pandoyo - The Doctor

Written by ninda anindita at 3/01/2015 07:00:00 PM

Judul                     : TheDoctor
Pengarang          : Rahadi W. Pandoyo
Penerbit              : Mazola
Tebal                     : 290 halaman
Cetakan               : Pertama, 2015
ISBN                      : 978-602-255-778-4
“Seumur hidup kau membanting tulang mengumpulkan rupiah demi rupiah. Begitu salah mengobati orang, seorang sarjana hukum akan menuntutmu dan habislah segala yang kau miliki.”
Ketika seorang dokter muda tenggelam dalam merah-hitamnya dunia kedokteran di Indonesia…; dicemooh seniornya, dikhianati teman sejawat, dikadali pasiennya, diabaikan nasibnya oleh pemerintah, bahkan ditinggalkan oleh keluarga yang seharusnya mendukungnya, apakah ia akan tetap bertahan dengan profesinya?
Pahit, manis, haru, dan bahagiaterbungus manis dalam kisah Adib, Nirmala, dan Mitha.
***

Kuliah di kedokteran memang menjadi mimpi bagi hampir seluruh orang. Bergengsi, berpenghasilan jutaan, siapa yang tidak tergiur? Namun, apakah mengenyam pekerjaan menjadi seorang dokter itu mudah?
Sepertinya memang mudah. Apalagi melihat latar belakang pendidikan Adib yang dibilang cukup baik. Namun, entah mengapa kesialan selalu datang kepadanya setelah menangani pasien. Ia dituduh melewatkan salah satu persiapan rangkaian operasi untuk pasien. Alhasil, Adib harus rela untuk kehilangan pekerjaan yang baru dijalaninya selama beberapa bulan terakhir ini.
Tak ingin terus terpuruk dan merasa kasihan melihat istrinya yang sedang hamil, Adib pun melamar beberapa pekerjaan di rumah sakit. Entah apakah dugaan malpraktek Adib sudah tersebar luas atau belum, kenyataannya ia belum pernah mendengar respon positif dari pihak rumah sakit. Akhirnya, demi menyambung hidup, Adib rela bekerja di sebuah klinik dan menjadi tukang parkir di salah satu swalayan di dekat tempat tinggalnya.
Bukannya mendapat dukungan, Adib justru ditinggalkan oleh istrinya sendiri. Adib terus berjuang. Ia tetap berusaha untuk mencari nafkah untuk keluarganya dan juga menghubungi istrinya. Di tengah perjuangannya, ia justru bertemu dengan sosok yang pernah ia cintai di masa kuliahnya. Bagaimana kisah Adib selanjutnya? Bisakah ia tetap setia kepada istri yang telah meninggalkannya? Bagaimana kelanjutan dari karir Adib yang semakin tak tentu arah itu?
***
The Doctor adalah #NovelProfesi ketiga yang saya baca dari Mazola setelah The Violinist dan The Dancer. Dari ketiga buku terebut, The Doctor lah yang benar-benar mengena di hati saya. Pemaparan profesinya sangat jelas dan mudah dimengerti. Walaupun tidak terlalu banyak memakai istilah kedokteran, novel ini tetap menarik untuk dibaca. Kejadian-kejadian di seputar dunia kedokteran membuat atmosfernya terasa begitu kental. Bagaimana suka-dukanya menjadi seorang dokter, bagaimana baik-buruknya bekerja sebagai dokter, semua tersaji lengkap di cerita ini. Buku ini sangat direkomendasikan untuk remaja-remaja dan orang tua yang ngebet untuk menjadi atau memiliki anak seorang dokter. Tidak selamanya menjadi dokter itu sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Banyak hal yang kita tidaktahu dari dunia kedokteran.

Salam hangat,

@aninditaninda

0 responses:

Post a Comment

 

Galerie des Livres Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos