Tuesday, December 30, 2014

2014 #R28 >> Endik Koeswoyo - Erau; Kota Raja

Written by ninda anindita at 12/30/2014 07:40:00 AM

Judul                      : Erau; Kota Raja
Pengarang          : Endik Koeswoyo
Penerbit              : PING!!!
Tebal                     : 204 halaman
Cetakan               : Pertama, 2015
ISBN                      : 978-602-296-056-0

Waktu tak pernah kembali. Hanya kenangan yang datang dan pergi sesuka hati. (hal. 33)

Mengakhiri tali asmara yang telah dibina selama empat tahun tidaklah mudah. Namun, inilah keputusan terbaiknya. Kirana ingin bebas dari segala ketidakpastian yang selalu diberikan oleh Doni. Di saat yang tepat pulalah bosnya menyuruh ia untuk meliput sebuah Festival Erau di Kutai Kertanegara.
Akibat tidak mendapatkan hotel untuk menginap, Kirana harus bersedia untuk menginap di rumah Pak Camat. Karena keramahan Pak Camat, Kirana mendapatkan beberapa informasi yang ia butuhkan untuk beritanya. Dengan bantuan Reza pula ia mendapatkan bahan beritanya sudahlah lebih dari lengkap. Kirana tak hanya meliput tentang Festival Erau yang sedang berlangsung. Ia juga mengirimkan berbagai artikel menarik tentang kerajaan pertama di Indonesia tersebut.
Kesederhanaan yang ada membuat Kirana kagum atas segala keindahan yang ada. Ia seperti menemukan keluarga baru di sini. Keluarga yang selalu ada ketika ia membutuhkan pertolongan. Namun, ada satu masalah yang harus diselesaikan sebelum ia pulang ke Jakarta.
Karena, cinta itu dibangun, bukan jatuh. Bangunlah cintamu semakin tinggi dan semakin tinggi. –Kirana (hal. 188)
Penulis ingin mengangkat kesenian tradisional yang sederhana menjadi begitu istimewa. Namun, menurut saya sebagai pembaca, atmofernya dari Kutai itu sendiri belum terlalu berasa. Sejujurnya, banyak hal lain yang masih bisa diangkat untuk mempertegas atmosfer Kutai yang begitu indah.
Pada halaman 22 tertulis ‘kaver’ sebagai terjemahan dari ‘cover’ dalam Bahasa Inggris. Sebaiknya tetap ditulis dalam Bahasa Inggris atau diartikan sebagai ‘sampul’ karena setahu saya, kata ‘kaver’ tidak memiliki arti dalam KBBI.
Salam resensor,

@aninditaninda

0 responses:

Post a Comment

 

Galerie des Livres Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos