Monday, May 19, 2014

2014 #R5 >> Aira Arsitha - Sebuah Bukit dan Satu Pohon di Atasnya (Kesetiaan Itu Bukan Untuk Diragukan)

Written by ninda anindita at 5/19/2014 08:58:00 AM


Judul                  : Sebuah Bukit dan Satu Pohon di Atasnya (Kesetiaan Itu Bukan untuk Diragukan)

Pengarang          : Aira Arsitha (@Aira_Arsitha / littlepooh_90@yahoo.co.id)

Penerbit             : PING!!!

Tebal                 : 319 halaman

Cetakan             : Pertama, April 2014

ISBN                 : 9786022790938



Kepergian sang Ayah membuat Ashlie menemukan kembali luka lamanya. Ia semakin tidak bersemangat untuk menjalani hidupnya. Tapi Ashlie sadar ia tidak boleh terus-terusan terpuruk. Ia harus bangkit. Ia pun meminta izin kepada Tuan dan Nyonya Alexander untuk pindah ke Auckland agar ia bisa sedikit melupakan masa lalunya.

Hari-harinya di Auckland semakin membingungkan terutama setelah ia bertemu Damar yang mati-matian ingin membuat mimpinya terwujud. Padahal, mimpi terbesarnya saat ini hanyalah satu... Ia ingin bisa mencintai dan dicintai Tuan Arthur.

“Mimpi itu bukan paksaan terhadap Tuhan. Tapi sebuah keinginan yang akan kita raih sekuat tenaga dengan harapan Tuhan akan mengeabulknannya...” (hal. 144)

Dari mulai cover, jujur saya merasa tidak tertarik dengan novel ini. Walaupun hampir semua orang mengatakan ‘Don’t judge the book by its cover’, but I do judge the book by its cover. Itu yang pertama, kedua, saya agak kurang sreg dengan pemilihan judulnya. Agak terlalu panjang dan nggak teenlit banget. Untuk tema, tema yang diangkat di novel ini cukup menarik, tapi setelah membaca beberapa bagian awalnya saya cukup kecewa. Pemilihan ceritanya lebih cenderung ke arah fairy tale dengan segala gaya bahasa dan setting-nya. Bagian awalnya terlalu kekanak-kanakan tapi bagian akhirnya terlalu sinetron.

Masih ada pula beberapa kesalahan yang dilakukan PING!!! dan de TEENS. Para editor lupa untuk membubuhkan spasi pada hal. 62 baris kedua dari bawah, hal. 63 paragraf 2 baris 4, hal 73 baris 4, hal. 184 baris 1, hal. 194 baris 4, hal. 224 paragraf 3 baris 1, dan terakhir pada hal 232 paragraf 2 baris 3. Mohon untuk kedepannya lebih diperhatikan lagi. J

Dari 5 bintang saya hanya memberi 1 untuk pemilihan plot cerita.

“Kalau kau memang menyukainya, kurasa kau bisa cukup bijaksana untuk memahaminya. Karena, tidak semua yang kau suka juga akan menyukaimu.” (hal. 192)

Salam resensor,

@aninditaninda

0 responses:

Post a Comment

 

Galerie des Livres Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos