Wednesday, July 17, 2013

2013 #R3 >> Ilana Tan - Summer in Seoul

Written by ninda anindita at 7/17/2013 11:47:00 AM




Judul               : Summer in Seoul
Pengarang       : Ilana Tan
Penerbit          : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal              : 280 halaman
Jung Tae-Woo, seorang penyanyi yang baru muncul kembali ke dunia hiburan setelah 4 tahun menghindari dunia tersebut, tengah digosipkan bahwa iya seorang gay. Untuk meredam gosip yang ada, manajernya mengusulkan agar ia segera mencari sosok wanita yang bisa diajaknya foto bersama sebagai kekasihnya. Takdir pun mempertemukannya dengan Sandy, gadis asal Indonesia yang sedang kuliah dan bekerja di salah satu butik ternama di Seoul, dan setelah berpikir panjang, Sandy pun menyetujui status barunya itu asalkan wajahnya tidak terlihat.
Hari-hari musim panas sebagai “kekasih” Jung Tae-Woo pun dimulai. Awalnya, semuanya berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Tetapi, sedikit demi sedikit kecerobohan yang mereka buat justru membuat mereka semakin limbung tak berdaya. Mulai dari terbongkarnya identitas Sandy, perasaan yang tak pernah terduga, hingga kebenaran kisah empat tahun lalu.
Di tengah hiruk pikuk tersebut, mereka memutuskan untuk menjalani hidup masing-masing tanpa berkomunikasi terlebih dahulu. Hanya untuk menenangkan diri dan meredam emosi para fans Jung Tae-Woo yang sepertinya semakin meledak. Sandy pun memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan mengklarifikasi masalah tersebut di hadapan keluarganya. Sampai akhirnya Sandy mengalami kecelakaan lalu lintas saat akan kembali ke Korea.
Dengan segala daya upaya, Jung Tae-Woo beserta manajernya yang baru saja pulang dari Amerika, kembali lepas landas ke Jakarta untuk menemani Sandy sampai masa siumannya.
Haaaahhh. Novel happy ending ini membuatku benar-benar terhanyut dalam suasana yang terjadi di dalamnya. Tangis, haru, dan bahagia melengkapi kisah-kisah di dalmnya. Dari 280 halaman ini, aku sama sekali tidak menemukan hal yang ingin aku kritik. For me, it’s perfect. Mungkin aku lebih baik berbicara dari segi tokoh.
Jung Tae-Woo adalah sosok yang ceroboh. Mungkin menurutnya perilakunya tidak berdampak apapun bagi kehidupannya. Tapi justru karena tingkah lakunyalah ia terjerumus dalam lembah masalah yang semakin besar. Beruntung ia merupakan seorang yang bertanggung jawab tinggi sehingga ia mampu untuk menghadapi semua masalah yang ada.
Berbeda dengan Sandy. Gadis manis ini menurutku terlalu pasrah akan hidupnya. Ia seperti tak memiliki daya untuk melawan apa yang ada di depannya. Untuk menyelesaikan  masalahnya pun ia lebih memilih untuk “kabur” ke tanah kelahirannya.
Satu lagi tokoh yang menarik, orangnya teliti dan cerdik. Sepertinya tidak ada celah bagi kita untuk menyembunyikan sesuatu darinya. Seperti rahasia Sandy saat menjadi “kekasih” Jung Tae-Woo.
Menurutku, novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan yang menyukai novel roman. Suguhan cerita yang ringan dan mudah dipahami menjadi daya tarik tersendiri bagi pembacanya.
Dari 5 bintang, spertinya aku berhak untuk memberikan seluruh bintangku kepada novel ini. Great job for Ilana Tan!
Salam resensor,


Ninda

2 responses:

cuap - cuap Widhie BBF on July 17, 2013 at 12:54 PM said...

aku baca novel ini sampai kebawa mimpiiiii...aku bayangin sosoknya rain hehehe..salam kenal ya ..

ninda anindita on July 18, 2013 at 8:18 PM said...

rain yg manaa yaa???
iya salam kenal juga :))

Post a Comment

 

Galerie des Livres Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos